DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

22 11 2011

 

Bab I.

Pendahuluan

 

1.1Latar Belakang

Dengan di buatnya makalah ini di harapkan baik penulis maupun pembaca bisa mengerti bagaimana computer dapat bekerja, hal apa saja yang di butuhkan computer untuk beroperasi dan fungsi atau peranan computer dalam kehidupan.
Pemrosesan computer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah computer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user. Dalam bahasan ini akan di jelaskan hal – hal mengenai arsiktektur computer, dan software.

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1            ARSITEKTUR KOMPUTER

     Komputer dengan tujuan umum memiliki tiga komponen yang sama, yaitu :
– Prossesor
– Memori
– Penyimpanan Sekunder
– Perangkat Input
– Perangkat Output
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon kecil yang mengandung puluhan ribu transistor dan komputer elektronik lainnya.

Bentuk Penyimpanan Sekunder :

  • RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
  • ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
  • Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.

1.     KEYBOARD

Unit input yang paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat.

2.      ALAT PENUNJUK

  • Mouse
  • Trackball
  • Touch Screen
  • Light Pen
  • Unit Remote Control

3.      ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER

Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader)

  • Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).

4.      ALAT INPUT PENGENAL SUARA

Unit pengenal suara (speech recognition unit)

  • Mikropon
  • Automatic Speech Recognation (ASR)
  • Touchtone

5.      ALAT INPUT VIDEO

Video Camera recorder atau Camcoder

6.      ALAT INPUT PENERIMA GERAK

  • Headset
  • Glove
  • Walker
  • Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
  • Hard Disk : Removable dan Non removable
  • Floppy Disk
  • Piringan Optik : CD, DVD
  • USB Flash Disk
  • Smart Card
  • Kartu memori
  • PENYIMPANAN SEKUNDER

 

  • PERALATAN OUTPUT

Dibagi menjadi dua, yaitu :

1.      Softcopy, terdiri dari dua jenis :

  • Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
  • Audio

2.      Hardcopy, terdiri dari :

  • Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
  • Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Le bar
  • Computer Output Microfilm (COM)

2.2 SOFTWARE

Perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu :

A.    Perangkat Lunak Sistem

  • · Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
  • Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :

1. Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX

Ada enam fungsi dasar sistem operasi :

  •  Menjadwalkan Tugas
  •  Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
  • Menjaga keamanan sistem
  • Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
  • Menangani Interrupt
  • Menyiapkan catatan pemakaian

2. Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
3Penerjemah Bahasa Komputer

–          Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)

–          Bahasa Generasi Kedua, Assembler

–          Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter

–          Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :

1.    Database Query Language

2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS

3.    Very High Level Language : PASCAL, APL

4.    Graph Generators : paket grafik

5.    Report Writer : COBOL, RPG

6.    Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji

B.     Perangkat Lunak Aplikasi

1.      Pemrograman Sendiri

Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.

2.      Paket Jadi

Ada empat kelompok besar :

–  Paket Aplikasi Bisnis Umum

–  Paket Aplikasi Khusus Industri

–  Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi

–  Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan

 

 

2.3 PERANAN PERALATAN I/O DALAM PEMECAHAN MASALAH

  1.  Peralatan input dan output penting bagi manager terutama dalam memberikan komunikasi antara manager dengan komputer.
  2. Peralatan input, seperti unit MICR dan OCR memberikan cara untuk memasukkan data kedalam database, baik ketika terjadi transaksi atau tak lama kemudian.
  3. Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalah secara tidak langsung.
  4. Manager akan meminta anggota staf untuk mengumpulkan informasi dari rekaman microfilm dan kemudian menampilkan ringkasannya dalam bentuk laporan tertulis.

 

Bab III

Penutup

3.1Kesimpulan

Komponen dalam computer satu sama lain saling mendukung dan bila salah satunya tidak bekerja dengan baik akan mengganggu dan membuat computer tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Seperti pada proses jika tidak ada inputan maka tidak ada proses karena computer tidak mengetahui apa yang harus di kerjakan jika tidak ada inputan, sedangkan output tidak bisa di hasilkan jika proses atau CPU tidak berjalan normal meski ada inputan, dan lagi suatu aplikasi tidak bisa berjalan tanpa adanya OS (Operating System) yang menjadi pendukung dan Os pun juga tidak bisa berjalan tanpa adanya CPU. Proses dalam computer perlu untuk kita ketahui agar kita bisa menggunakan computer secara maksimal sebagai penunjang kegiatan kita.

3.2 Saran

Harapan penulis, semoga makalah penulis dapat bermanfaat bagi para pembaca dan pengguna makalah penulis. Kurang lebihnya dalam pembahasan makalah penulis mohon maaf yang sebesar- besarnya kepada para pembaca. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih.

3.3 Daftar Pustaka

http://yuda90.wordpress.com/2009/11/04/dasar-pemrosesan-komputer/

http://dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id

 


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: